BannerFans.com

Kamis, 29 Januari 2009

Perkembangan ICT di MAN 3 Malang



MAN 3 Malang memang bukan sebuah sekolah madrasah seperti madrasah yang biasanya. MAN 3 Malang termasuk salah satu madrasah terelit yang ada di kota Malang dan juga termasuk salah satu madrasah unggulan di Indonesia. MAN 3 ini mempunyai banyak fasilitas yang melengkapi kebutuhan pendidikan siswa-siswinya. Walaupun MAN 3 memiliki fasilitas pendidikan yang lebih lengkap daripada madrasah pada umumnya, tetapi hal ini tidak membuat biaya pendidikannya juga ikut-ikutan mahal seperti kelengkapan fasilitisnya. Karena masih di subsidi dana oleh pemerintah, biaya pendidikan sekolah di MAN 3 Malang masih dapat di jangkau oleh masyarakat pada umumnya.




Fasilitas yang melengkapi kebutuhan pendidikan siswa-siswi MAN 3 Malang salah satunya adalah fasilitas ICT atau yang biasa disebut TIK, yaitu yang biasa disebut Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Kalau dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya yang berada di kota Malang, MAN 3 ini memang bisa dikatakan memiliki fasilitas tekhnologi informatika yang bisa dibilang lebih dari cukup untuk batasan sekolah se-tingkat SMA. MAN 3 Malang memiliki Lab. Komputer yang terdiri dari 40 lebih unit komputer di dalamnya. Lab. Komputer ini biasanya digunakan untuk praktek komputer pada pelajaran TIK setiap harinya. Pelajaran TIK yang didapat siswa-siswi MAN 3 adalah 2 jam mata pelajaran tiap minggunya atau dalam jangka waktu 90 menit. Pembelajaran oleh guru di dalam Lab. Komputer tersebut adalah dengan menggunakan LCD. Selain digunakan untuk pembelajaran, Lab. Komputer biasanya juga digunakan sebagai markasnya anak-anak ekskul IT yang berkutat dalam bidang tekhnologi komputer yang biasanya ekskul ini berlangsung pada hari-hari tertentu setelah jam pelajaran di sekolah berakhir pada jam 13.45. Lab. Komputer ini memang jarang sepi. Sebab walaupun tidak digunakan oleh anak-anak ekskul IT, lab komputer selalu ramai oleh siswa-siswi MAN 3 yang biasanya senang untuk browsing internet. Memang tidak ada larangan bagi mereka, apalagi di hari Sabtu yang pelajarannya berakhir pada jam 11.30, karena diberi batasan waktu bagi mereka sampai setelah jam 16.00 dan lab komputer akan di kunci karena petugas lab-nya akan pulang.

Fasilitas lainnya adalah lab. Bahasa, lab. Mulok, dan ruang multimedia. Lab. Bahasa biasanya digunakan untuk listening section dalam pelajaran bahasa Inggris. Tetapi, lab bahasa tidak hanya digunakan untuk pelajaran bahasa Inggris saja namun juga dapat digunakan untuk listening bahasa asing lainnya yang dipelajari di MAN 3 Malang, seperti misalnya bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, dan juga bahasa Jerman. Didalam lab bahasa ini memiliki 38 unit box suara dan satu unit pengontrol suara yang digunakan pengajar untuk mengatur suara yang akan didengarkan kepada murid-muridnya yang akan terdengar pada masing-masing box suara. Sedangkan untuk lab. Mulok digunakan untuk pelajaran Muatan Lokal yang biasanya berhubungan dengan dunia Informatika dan Engineering, salah satunya adalah pelajaran merakit komputer, membuat HTML, mempelajari bahasa pascal, dan lain sebagainya. Memang di dalam lab Mulok ini hanya terdapat beberapa unit komputer yang tak kurang dari 20 dan juga terdapat beberapa box suara, karena lab Mulok ini adalah sebelumnya digunakan sebagai lab bahasa 2, namun sekarang telah dipindah fungsikan sebagai lab Mulok. Selanjutnya adalah runag multimedia biasanya digunakan untuk presentasi oleh siswa-siswi pada suatu mata pelajaran yang harus menggunakan layar LCD untuk mempresentasikan kepada kawan-kawannya. Namun selain digunakan oleh siswa dan siswinya, ruang multimedia juga biasanya digunakan oleh para guru untuk mengadakan seminar atau digunakan untuk perkenalan profil sekolah yang biasanya dilakukan ketika ada kunjungan dari sekolah lain.

Setelah itu, fasilitas lainnya yang melengkapi kebutuhan pendidikan siswa-siswi MAN 3 adalah dengan adanya LCD proyektor di setiap kelas, perpustakaan, ruang guru, begitu juga di Aula besar kebanggaan MAN 3. Dulunya sey yang ada di setiap kelas dari kelas X dan kelas XII adalah dengan adanya televisi, tapi kayaknya tidak begitu berfungsi karena biasanya anak-anak lebih suka pergi ke kantin pada saat jam istirahat dibandingkan diam di kelas sambil menonton televisi. Lagipula tidak semua kelas juga dapat menonton siaran di tipi, karena setiap kelas harus memiliki antenna sendiri dan harus dengan biaya sendiri. Dan hal itu yang membuat banyak kelas yang malas mengurus ini itu dalam pemasangan antenna sehingga menyebabkan televisi itu tidak berfungsi lagi. Baru awal tahun ajaran 2008-2009 ini yang menyediakan fasilitas LCD proyektor di setiap kelas, sehingga jika memudahkan siswa-siswi untuk langsung mempresentasikan berbagai presentasi tanpa harus mengantri di ruang multimedia ataupun di perpustakaan. Tetapi walaupun memiliki LCD proyektor di setiap kelas, hal ini tetap dibatasi pemakaiannya agar para siswa tidak berlebihan menggunakan fasilitas ini karena bisa saja para siswa menggunkan fasilitas ini untuk menonton tanpa adanya guru yang mengawasi. Sehingga dibuatlah sumber tegangan untuk LCD ini terkunci dan kunci ini hanya dapat digunakan atau diambil oleh guru yang akan mengajar pada kelas tersebut begitu pula dengan remote untuk penggunaan LCD-nya. Kalau dulu, LCD proyektor ini begitu khusus, sehingga hanya terdapat di kelas XII dan kelas Akselerasi dan lengkap dengan komputernya. Namun sekarang nampaknya MAN 3 hanya mampu untuk membiayai adanya LCD proyektor di masing-masing kelas tanpa adanya komputer. Jadi, jika para siswa akan mengadakan presentasi di kelas mereka harus membawa laptop masing-masing sesuai kebutuhan mereka.

Hemm, bicara tentang laptop, ternyata banyak juga siswa MAN 3 yang suka membawa laptop ke sekolah. Alasannya selain untuk melakukan presentasi ataupun melakukan tugas yang lainnya ternyata mereka menggunakan untuk browsing internet secara gratis. Caranya...???? jangan salah, di MAN 3 ternyata sudah menjadi area hotspot yang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja yang berada di lingkungan MAN 3. Hanya dengan membuka laptop lalu konekin, langsung deh browsing sepuasnya. Hal ini memang sangat menguntungkan bagi para siswa MAN 3, khususnya warga asrama. Karena waraga asrama adalah warga tetap MAN 3 yang tidak pernah jauh dari lingkungan MAN 3. Yang membuat hotspot M3M selalu laris manis pada sore hari maupun malam hari apalagi jika malam minggu tiba, pasti deh di tribun maupun pendopo penuh dengan orang-orang berlaptop, karena memang kebanyakan anak-anak asrama memiliki laptop dengan alasan untuk mengerjakan tugas agar tidak repot pergi ke warnet atau rental. Hehehe....

Kayaknya, cukup sekilas saja penjelesan saya tentang pengembangan ICT di MAN 3 Malang yang saya ketahui. Begitulah penjelasan fasilitas ICT yang saya manfaatkan selama saya menjadi murid MAN 3 selama 3 tahun, dan saya berharap semoga ICT/TIK di MAN 3 Malang akan lebih berkembang lagi di tahun-tahun berikutnya. Semangat Pak Jo dan Pak-pak lainnya [gag hapal namanya (^^;)] yang berkutat di puskom dalam memajukan ICT MAN 3 Malang, ok...!!!!

0 komentar: